Obat Batuk Berdahak

Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi pada anak – anak. Mereka bisa mengalami batuk berdahak yang disertai dengan gejala flu dan demam. Penyebab batuk berdahak pada anak bisa disebabkan oleh bakteri atau infeksi virus.

Meski batuk berdahak pada anak ini biasanya bisa sembuh sendiri dalam waktu 2 minggu, namun Bunda dapat membantu meringankannya dengan memberikan terapi tanpa obat dan tanpa harus pergi ke dokter.

Anak akan mengalami batuk berdahak saat saluran pernapasannya mengalami infeksi atau iritasi. Tubuh anak akan merespons iritasi dan infeksi tersebut dengan menghasilkan lebih banyak dahak. Kemudian melalui refleks yang dikirimkan oleh otak, tubuh anak akan mengeluarkan iritan, bakteri, dan lendir atau dahak di saluran pernapasan melalui batuk.

Sebenarnya terdapat beberapa cara alami yang bisa Bunda lakukan di rumah untuk membantu meringankan batuk berdahak pada anak, seperti diantaranya :

  • Mencukupi kebutuhan cairan si kecil misalnya dengan memberinya sup ayam yang berguna untuk mencegah dehidrasi sekaligus membantu mengencerkan dahak.
  • Memberikan madu yang dipercaya mampu meredakan batuk berdahak pada anak dan membantunya tidur nyenyak.
  • Hindarkan anak dari polusi udara terutama asap rokok yang bisa mengiritasi tenggorokan dan mengakibatkan batuk berdahak pada anak semakin parah.
  • Meneteskan air garam ke hidung anak yang berguna untuk membantu membersihkan lendir di hidungnya, sehingga si kecil bisa bernapas lebih mudah.
  • Menyanggah kepala anak saat tidur dengan cara mengatur bantalnya menjadi sedikit lebih tinggi untuk mencegah lendir menumpuk di tenggorokan sehingga si kecil dapat tidur nyenyak.

Namun jika cara alami tidak ampuh meredakan batuk berdahak pada anak, maka saat si kecil batuk, Bunda perlu memberinya obat untuk mengencerkan dahaknya agar tenggorokannya lega. Namun, sebelum Ibu memberikan obat, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak untuk memastikan dosisnya.

Nah, untuk mendapatkan produk yang terbaik, berikut rekomendasi 3 obat batuk berdahak yang bagus dan terbaik untuk anak :

Rekomendasi 3 Obat Batuk Berdahak Yang Bagus Dan Terbaik Untuk Anak

  1. Bisolvon Kids

Bunda bisa berikan Bisolvon Kids untuk meredakan batuk berdahak yang dialami anak. Obat batuk berdahak ini mengandung bromhexin HCI 4mg/5ml yang dapat mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan saat anak batuk.

Bunda bisa berikan obat batuk sirup ini untuk anak usia 2 tahun keatas dan pengidap diabetes karena bebas gula. Dosisnya bisa disesuaikan dengan usia.

  1. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu

Obat sirup ini dapat membantu meredakan batuk berdahak yang disertai dengan gejala – gejala flu seperti hidung tersumbat, sakit kepala, demam, dan bersin – bersin.

OBH Combi Anak Batuk Plus Flu memiliki beberapa kandungan seperti ekstrak succus liquiritiae 100 mg, parasetamol 120 mg, ammonium klorida 50 mg, pseudoefedrin HCI 7.5 mg, serta klorfeniramin maleat 1 mg.

Aturan pemakaian obat batuk anak ini, yaitu :

  • Usia 2 hingga 5 tahun adalah 3 x 5 ml sehari
  • Usia 6 hingga 12 tahun adalah 3 x 10 ml sehari

Obat batuk anak ini hadir dalam beberapa macam rasa seperti apel, jeruk, strawberry, dan madu. Baca juga strategi bisnis online yang perlu ketahui.

  1. Obat Batuk Anak : Mucos Drop

Mucos drop adalah jenis obat batuk untuk mengencerkan lendir atau dahak. Bunda bisa berikan obat ini pada si kecil usia dibawah 2 tahun. Kandungan Ambroxol Hydrochlorine 5 mg yang dimiliki Mucos Drop dapat meningkatkan sekresi saluran napas sekaligus meredakan batuk. Namun, Bunda tidak bisa memberikan obat ini sembarangan namun harus sesuai dengan petunjuk dokter.

You May Also Like

Sangat Ampuh Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jika ada penghargaan dengan kategori gangguan kulit paling menyebalkan, mungkin jerawat jadi…