Memiliki masalah Wifi? Kami tentu merasakan betapa pusingnya mencari cara untuk mengatasinya. Ada beberapa hal yang dapat dicoba jika Wi-Fi yang digunakan tidak berfungsi, tidak ada yang memerlukan pengetahuan teknis apa pun. Setiap solusi hanya membutuhkan beberapa menit untuk diselesaikan, sehingga Anda dapat membaca seluruh daftar ini dalam waktu singkat.

Kami telah menyusun beberapa perbaikan paling umum di bawah ini, yang diharapkan akan menyelesaikan masalah terkait Wi-Fi Anda. Mari kita mulai.

Mulailah dengan dasar-dasarnya

Jika Wi-Fi Anda tidak berfungsi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa pengaturan paling dasar. Pertama-tama mulailah dengan memastikan telah menghidupkan Wi-Fi di perangkat Anda. Periksa juga bahwa Anda tidak mengaktifkan mode Pesawat, karena itu akan mencegah perangkat terhubung ke internet. Ini mungkin tampak seperti hal-hal yang jelas ULTRA, tetapi sering kali itu adalah hal terakhir yang orang pikirkan untuk memeriksanya!

Jika dua hal ini dicoba, langkah selanjutnya adalah memastikan Anda terhubung ke router yang tepat. Mencoba menyambung ke jaringan tetangga, terutama jika mereka memiliki nama yang mirip yang terdiri dari huruf dan angka acak. Pastikan juga untuk memeriksa ulang kata sandi untuk Router Anda. Jika Anda tidak mengubahnya setelah jaringan diatur, Anda akan menemukannya di stiker yang biasanya diletakkan dibagian belakang Router.

Matikan Bluetooth jika Wi-Fi Anda tidak berfungsi

Bluetooth kadang juga mengganggu jaringan Wi-Fi, terutama karena keduanya mengirim sinyal melalui frekuensi radio 2,4GHz. Kadang-kadang Bluetooth memotong sepenuhnya akses ke internet, sementara dalam kasus lain itu hanya memperlambat kecepatan secara signifikan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, alihkan router Anda ke band 5GHz

Ini mudah untuk diuji. Matikan Bluetooth di perangkat Anda jika sudah aktif dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah. Jika ya, rekomendasi kami adalah untuk mengalihkan router dari pita 2,4 GHz ke pita 5 GHz – yang mendukungnya – yang seharusnya memungkinkan menggunakan Bluetooth di perangkat tanpa menyebabkan masalah terkait Wi-Fi. Anda dapat mengubahnya di pengaturan router Anda.

Nyalakan ulang router dan perangkat Anda

Ini adalah perbaikan sederhana yang diketahui dapat mengatasi banyak masalah terkait teknologi. Mulailah dengan me-reboot router Anda: cabut semua kabel dari perangkat dan tunggu beberapa menit. Setelah dipasang kembali, tunggu satu atau dua menit hingga perangkat mengatur. Selagi Anda menunggu, lanjutkan dan reboot ponsel, tablet, laptop, atau perangkat lain yang Anda gunakan juga.

Setelah perangkat dan router Anda kembali dan berjalan, hidupkan Wi-Fi untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah wifi tidak bisa tersambung tersebut. Jika tidak, saatnya untuk beralih ke langkah berikutnya.

Solusi lain untuk dicoba jika Wi-Fi Anda tidak berfungsi

Jika sejauh ini tidak ada perbaikan yang berhasil, ada beberapa cara lainnya yang dapat Anda coba. Kami telah mendaftarkan beberapa yang paling umum di bawah:

  • Dekat dengan Wi-Fi: Alasan mengapa Wi-Fi Anda tidak berfungsi mungkin karena Anda terlalu jauh dari router. Raih perangkat Anda dan bawa sedekat mungkin ke router, lalu coba sambungkan secara online.
  • Troubleshoot: Jika Anda mengalami masalah Wi-Fi di PC Windows Anda, klik kanan pada ikon Wi-Fi di bilah tugas, pilih opsi ‘Troubleshoot’, dan tunggu perangkat melakukan hal tersebut. Seluruh proses membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk menyelesaikan dan telah memecahkan masalah koneksi di laptop saya berkali-kali sejauh ini.
  • Lupakan jaringan Wi-Fi dan sambungkan kembali: Ini adalah perbaikan cepat dan mudah lainnya. Prosesnya berbeda tergantung pada perangkat dan OS Anda, tetapi jika Anda menggunakan perangkat Android, temukan opsi Wi-Fi di pengaturan dan pilih jaringan. Sebuah jendela kemudian akan muncul di layar dengan beberapa info yang juga berisi tombol ‘Lupa’. Ketuk tombol dan kemudian sambungkan kembali ke jaringan yang sama dengan kata sandi Anda.
  • Lakukan reset pabrik: Ini jauh dari opsi terbaik daripada yang telah disebutkan diatas, tetapi jika tidak ada yang bekerja, reset pabrik mungkin melakukan pekerjaan itu. Ini akan menghapus semua data dari perangkat Anda – termasuk bug perangkat lunak yang mungkin menyebabkan masalah koneksi – dan mengembalikan semuanya kembali ke pengaturan aslinya. Tetapi sebelum Anda menyusuri jalan ini, pastikan untuk membuat cadangan data pada perangkat Anda. Untuk memeriksa cara melakukan reset pabrik pada perangkat Android, klik di sini.

Coba hubungi pemilik Provider Wi-Fi

Apakah Anda mencoba semua perbaikan yang tercantum dalam pos ini tetapi Wi-Fi masih tidak berfungsi? Jika demikian, ada kemungkinan Anda harus melakukan panggilan. Tetapi sebelum melakukannya, cobalah mencari tahu apakah masalahnya ada pada perangkat atau router Anda. Coba sambungkan perangkat sebanyak mungkin ke jaringan Wi-Fi Anda. Jika tidak ada dari mereka yang bisa online, masalahnya ada pada router atau jaringan. Tetapi jika hanya satu dari mereka yang tidak dapat terhubung, kemungkinan ada sesuatu yang salah dengan perangkat khusus itu.

Dalam kasus pertama, hubungi ISP (Penyedia Layanan Wi-Fi) yang Anda gunakan. Itu dapat memeriksa apakah ada pekerjaan yang dilakukan di daerah Anda yang menyebabkan gangguan pada jaringan, atau jika ada masalah dengan router Anda. Jika router yang harus disalahkan, ISP Anda akan mengirim seorang pria untuk menggantinya – ini terjadi pada saya tiga kali dalam dua tahun.

Jika perangkat Anda yang harus disalahkan atas masalah terkait Wi-Fi yang Anda alami, Anda harus memperbaikinya. Dalam hal ini, hubungi produsen jika perangkat masih dalam garansi atau pengecer jika Anda memilih salah satu paket asuransi tambahan yang ingin mereka tawarkan. Jika keduanya sudah kedaluwarsa, Anda harus memperbaikinya atas biaya sendiri.

Ini adalah beberapa solusi paling dasar dan umum untuk masalah Wi-Fi Anda, meskipun itu bukan satu-satunya. Apakah ada di antara mereka yang memecahkan masalah koneksi Anda? Beri tahu kami yang mana di komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Tutorial Hack Wifi WPA2 PSK Android Paling Mudah dan Cepat

Tutorial Hack Wifi WPA2 PSK Android Paling Mudah dan Cepat – Jaringan…

Cara Cepat Mengatasi HP Android Lemot

Gacha.my.id – Hape lemot saat lagi dibutuhkan memang bikin kesal, memang saat…

Apa Itu Script Hack Wifi Termux

Apa Itu Script Hack Wifi Termux. Kebutuhan wifi dari hari ke hari semakin…

Cara Membuka Google di Android

Membicarakan soal ponsel Android tidak akan lengkap jika tidak membahas cara membuka google…