Jurusan kuliah IPS
Jurusan kuliah IPS

Jurusan Kuliah IPS Yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar! Tak perlu khawatir untuk bisa mendapatkan masa yang cerah meskipun jurusan yang Anda pilih sepi peminat. Jurusan kuliah IPS ini memang sepi peminat namun memiliki peluang kerja besar di masa depan.

Meski biasanya seringkali jurusan populer lebih diprioritaskan karena memberikan opportunity yang lebih baik di masa depan. Sekarang, mari perbaiki mindset tersebut dan berhenti untuk menilai secara subjektif mayoritas.

Misalnya sebuah jurusan program studi belum bisa mencetak tenaga profesional untuk berkiprah di masyarakat. Otomatis menjadi jurusan yang sepi peminatnya, sedangkan masyarakat membutuhkan keberadaan lulusan tersebut, itu artinya peluang kerja besar.

Contoh jurusan kuliah IPS yang sedikit peminatnya

  • Teknik perkapalan

Salah satu jurusan ini memang cukup asing untuk Anak IPS, biasanya yang sering terdengar adalah teknik mesin dan teknik elektro. Prospek karier dari teknik perkapalan ini sebenarnya cukup bagus bahkan menjanjikan.

Kesempatan terbuka luas untuk lulusan teknik perkapalan. Karena jurusa kuliah IPS ini tidak banyak diminati. Tidak hanya di dalam negeri, peluang kerja terbuka untuk luar negeri. Anda bisa bekerja di luar negeri dengan jaminan masa depan yang cerah.

  • Manajemen transportasi

Tidak hanya perusahaan atau ekonomi yang membutuhkan ilmu manajemen untuk mengelolanya. Tingkat mobilitas manusia semakin hari semakin meningkat, oleh karena itu membutuhkan sebuah manajemen yang lebih handal.

Semua terus bergerak untuk menunjang berbagai kebutuhan, baik transportasi darat, udara dan laut. Pertimbangan untuk memilih jurusan ini bisa Anda temukan juga di situs https://gokampus.com/

Dari kondisi ini maka bisa dipastikan bahwa prospek kariernya akan sangat bagus. Sayangnya tidak disadari oleh Anak-anak IPS karena lebih memilih manajemen bisnis dibandingkan manajemen transportasi.

  • Kearsipan

Dari jurusan kuliah IPS juga Anda bisa memilih kearsipan, apalagi yang berniat untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Setiap tahunnya selalu tersedia jurusan kearsipan dengan lulusan yang masih sedikit, tentunya tingkat persaingan juga rendah.

Jurusan ini terbilang sepi peminat, namun tidak berarti peluang kerjanya sulit. Justru karena kurangnya persaingan, Anda akan mendapatkan peluang kerja yang lebih besar. Kearsipan merupakan jurusan non populer namun lulusannya sangat dibutuhkan.

  • Antropologi sosial

Jurusan antropologi sosial menjadi jurusan yang sepi peminat setiap tahunnya. Padahal jika Anda tahu, seorang antropolog itu bisa membantu Anda mengenal seluruh dunia.

Setidaknya Anda bisa berkeliling dunia tanpa harus cape-cape mengunjungi negaranya. Anda bisa mempelajari ciri, bahasa dan budaya setiap sukunya, keliling dunia beneran itu adalah bonusnya.

  • Teknik Nuklir

Ketika mendengar istilah nuklir, mungkin Anda berpikiran jurusan ini menyeramkan. Bahkan mungkin terlintas akan menjadi apa ketika nanti sudah lulus? Pernah berpikiran seperti itu?

Jurusan kuliah IPS jarang meminati teknik nuklir karena dianggap memiliki materi yang rumit. Bahkan peluang kerjanya cukup sulit, mindset ini harus segera diubah.

Padahal lulusan dari jurusan teknik nuklir memiliki kesempatan peluang kerja yang juga cukup luas. Seperti menjadi teknisi nuklir internasional, teknisi di pembangkit listrik tenaga nuklir atau bidang kesehatan berupa bagian radioterapi pengobatan kanker.

Meskipun jurusan-jurusan di atas memiliki peluang kerja yang besar, sebaiknya Anda tidak asal pilih. Keputusan yang Anda ambil akan berpengaruh terhadap masa depan, apalagi jika menyesal di tengah jalan.

Kumpulkan informasi selengkap mungkin terkait jurusan yang akan dipilih. Pastikan Anda tidak asal diterima di sebuah perguruan tinggi tanpa memiliki tujuan yang jelas.

Sebagai partner untuk mewujudkan cita-cita Anda jurusan kuliah IPS yang Penulis sampaikan ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Semoga Berhasil.

 

You May Also Like

Cara Cek Kuota Internet Telkomsel

Paket Internet Telkomsel saat ini sudah bukan lagi menjadi sebuah pelengkap tapi…