Penyebab Belajar Terasa Sulit, Faktor dan Tahapan

Mengapa banyak orang yang mengeluh belajarnya tidak pas? Apa yang menyebabkan orang mengalami ganguan belajar? Kesulitan belajar dpat dilihat dari kemunculan kelainan perilaku pada orang tersebut.

Misalnya sering tidak masuk sekolah, sering bolos sekolah, suka berteriak-teriak di kelas, mengganggu teman, dan berkelahi. Kesulitan dalam belajar tidak hanya dialami oleh orang yang tidak pandai, namun juga terjasi pada anak yang berkemampuan normal.

Akan tetapi tetap ingat, setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Sebagai orang tua dan guru harus menelusuri penyebab kesulitan belajar pada orang tersebut.

Guru tidak hanya berkewajiban menyajikan materi, namun juga harus membimbing anak didiknya dengan dibarengi pendekatan pribadi (personal), yang bertujuan untuk memahami anak didiknya lebih dalam, sehingga dalam belajarnya tidak ada kata “sulit belajar” dan pasti akan berhasil.

Orangtua juga memiliki peranan penting, karena orang tua lebih mengetahui secara menyeluruh tentang anak-anaknya, mulai dari karakteristik, kematangan usia, kelebihan, dan kekuranganya. Jika informasi tersebut diberikan kepada pihak sekolah, akan sangat membantu para guru dalam membimbing anak tersebut.

Faktor Penyebab Kesulitan Dalam Belajar Secara Umum

1. Faktor Internal

Kita dapat melihat dari sisi anaknya, apakah anak tersebut memiliki kesulitan pada intelektualnya (kognitif), ada kelebihan pada sikap dan emosinya (afektif), dan ada gangguan pada anggota tubuhnya, misalnya penglihatan dan pendengaran.

Untuk mengetahui penjelasan secara detail dan lengkap mengenai faktor internal ini, anda bisa baca artikel yang sudah kami tulis berjudul Faktor Internal Penyebab Belajar Terasa Sulit.

2. Faktor Eksternal

Bisa dilihat dari segala situasi dan kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung aktivitas belajarnya, misalnya:

Keluarga, mungkin ada ketidakharmonisan dalam keluarga atau rendahnya perekonomian. Lingkungan Masyarakat, contohnya diwilayah perkampungan atau mungkin ada teman sepermainan yang nakal. Misalnya juga letak gedung sekolah yang buruk, seperti dekat dengan pasar, kondisi guru, alat belajar yang kurang baik.

Untuk mendapatkan penjelasan secara detail dan lengkap mengenai faktor eksternal ini, anda bisa baca artikel yang sudah kami tulis berjudul Faktor Eksternal Penyebab Belajar Terasa Sulit.

Tahapan Belajar Guru dan Anak didiknya

1. Sebelum Belajar

Yaitu mengenai karakteristik anak. Misalnya, bakat, minat, kecakapan, maupun pengalaman-pengamanya.

2. Selama Proses Belajar

Masalah yang sering terjadi pada anak berkaitan dengan sikap belajar, motivasi, konsentrasi, pengolahan pesan pembelajaran, menyimpan pesan, menggali pesan yang telah tersimpan, dan unjuk hasil belajar,

3. Sesudah Belajar

Masalah belajar berkaitan dengan prestasi atau keterampilan yang sudah diperoleh melalui proses belajar.

Agar lebih mantap lagi mengetahui apa saja tahapan belajar bagi anak, akan dikupas secara lengkap dan detail, yang bisa anda baca di artikel yang sudah kami tulis berjudul Tahapan Agar Belajar Tidak Terasa Sulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

5 Hobi Menyenangkan yang Tambah wawasan, Baca Ulasan Novel Salah Satunya

5 Hobi Menyenangkan yang Tambah wawasan, Baca Ulasan Novel Salah Satunya. Banyak jenis…