Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan CV

Cara membuat CV yang menarik dan baik tidaklah harus isinya dimuat dalam berlembar-lembar kertas. CV yang dibuat berlembar-lembar tidak menjadikan pelamar terlihat super. Malah CV model begitu cenderung diabaikan.
Lantas bagaimana cara membuat CV yang benar dan sesuai kriteria perekrut? Sebenarnya, dalam pembuatan CV, informasi yang harus disajikan tidak perlu banyak-banyak. Berikut ini adalah informasi-informasi penting yang perlu ada dan cara penempatannya.
  1. Cantumkan nama, alamat, nomor telepon, hingga email dan posisikan berada di CV Header atau bagian atas. Dalam CV, informasi pribadi itu wajib ada. Gak harus panjang dan mendetail, cukup mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, hingga email.
    • Posisikan informasi pribadi di bagian atas CV atau CV header. Karena informasi ini yang bakal dilihat pertama kali oleh perekrut.
    • Perhatikan penggunaan ukuran font pada nama. Idealnya, ukuran font pada nama lebih besar dari teks yang lain.
    • Dalam penulisan informasi pribadi, penempatan nama dibagian paling atas. Kemudian di bawahnya tuliskan alamat. Di bawahnya lagi nomor telepon. Lalu di bawahnya lagi email.
  2. Tuliskan CV Objective atau CV Summary dan tempatkan di bawah informasi pribadi. Umumnya CV objective atau CV summary ini berisi tentang perjalanan karier.
    • Namun, untuk pemula dalam pembuatan CV, ringkasan perjalanan karier bisa diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan.
    • Misalnya aja bercerita mengenai jurusan selama menjalani pendidikan. Lalu berapa lama pendidikan tersebut ditempuh. Kemudian apa aja yang diperoleh selama menjalani pendidikan. Tuliskan semuanya itu dalam satu paragraf sebanyak tiga baris.
  3. Punya pengalaman kerja? Cantumkan walaupun itu sebatas magang asalkan masih terkait dengan pendidikan yang dijalani. Bukan rahasia lagi kalau perekrut melihat pengalaman kerja sebagai pertimbangan dalam memberi undangan interview. Makanya dalam membuat CV, pastikan pengalaman kerja itu ditulis benar-benar.
    • Buat yang masih fresh graduate, bisa mencantumkan pengalaman magang atau pekerjaan lain asalkan masih ada hubungannya dengan pendidikan yang ditempuh.
    • Dalam menyajikan informasi pengalaman kerja, pekerjaan terakhir dianjurkan buat ditempatkan di urutan pertama. Informasi utama yang harus ditulis adalah tanggung jawab selama menjalani pekerjaan. Jangan sampai ada yang terlewat dalam memuat informasi tersebut.
  4. Tuliskan pendidikan yang udah dijalani, terutama perguruan tinggi kalau ada dan tempatkan posisinya di bawah pengalaman kerja. Dalam menceritakan pendidikan yang dijalani, sebaiknya tuliskan aja yang penting-penting. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan latar belakang pendidikan, yaitu:
    • Nama universitas atau sekolah.
    • Lamanya menempuh pendidikan.
    • Jurusan yang diambil.
    • Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau nilai Ujian Nasional (UN).
    • Menuliskan itu aja dalam latar belakang pendidikan udah lebih dari cukup. Dengan begitu, tidak perlu tulis CV lebih dari satu lembar demi memuat informasi seputar pendidikanmu.
  5. Di bawah posisi pendidikan, masukkan kemampuan atau skill yang dikuasai. Sekalipun menguasai banyak kemampuan atau skill, bukan berarti semuanya mesti dimasukkan. Ada baiknya masukkan kemampuan atau skill yang relevan dengan pekerjaan yang ingin didapatkan. Lalu, gimana cara membuat CV yang mencantumkan skill sesuai pekerjaan yang dilamar?
    • Ketahui pekerjaan apa yang ingin didapatkan dan skill-skill apa yang dibutuhkan pekerjaan tersebut. Misalnya aja pekerjaan yang dilamar adalah Desain Grafis. Masukkan kemampuan bahwa bisa mengoperasikan software Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dsb.
    • Hindari memasukkan skill-skill yang semua orang bisa melakukannya. Misalnya aja menggunakan Ms. Word.
  6. Kalau dirasa perlu, bisa juga memasukkan informasi tambahan seperti minat, prestasi, hingga pengalaman berorganisasi. Informasi yang ini sebenarnya cuma informasi tambahan aja. Perlu tidak perlu harus mencantumkan informasi ini.
    • Walaupun begitu, ternyata ada juga perekrut yang memerhatikan poin-poin tersebut. Mereka bakal bikin kamu dapat nilai plus di mata perekrut.
Ada 4 website yang sangat direkomendasikan dalam pembuatan CV secara online yang harus kamu coba untuk pembuatan cv, berikut:

Website Pembuat Membuat CV Online

Di zaman teknologi yang serba online sekarang ini, cara membuat CV sebenarnya tidak lagi menjadi hal yang ribet dilakukan. Seperti dikutip dari Jobscan.co, ada beberapa website yang bisa membantu kamu dalam membuat CV online.
  1. Zety. adalah salah satu website pembuat CV yang rekomend banget untuk digunakan. Ada sejumlah keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan Zety.
    • Bisa bikin cover letter dengan template yang sama dengan template CV yang kamu gunakan.
    • Cuma butuh waktu beberapa menit buat bikin CV lewat Zety.
    • Zety menyajikan lebih dari 20 template CV yang modern dan profesional.
    • Terdapat tips-tips dari para ahli didalamnya.
  2. VisualCV. Website yang satu ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam membuat CV. Ada beberapa fitur VisualCV yang berguna banget buat dicoba, yaitu:
    • Fitur impor data dari Linkedin.
    • Ketersedian desain dan template CV yang udah modern.
    • Fitur impor CV atau resume dari format PDF atau Ms. Word.
    • Selain bisa digunakan dengan membuka website, Bisa memanfaatkan VisualCV dalam bentuk aplikasi smartphone yang tersedia di Play Store.
  3. CV Maker. Website pembuat CV berikutnya adalah CV Maker. Membuat CV di CV Maker bisa dibilang sederhana, cepat, dan tentu aja gratis. Di website ini kamu bisa membuat CV dalam format PDF, HTML, dan TXT.
    • Seperti yang tercantum dalam website-nya, jumlah download dari CV Maker telah mencapai 16.310.726. Sementara jumlah CV yang tersimpan 6.247.762. Dari situ, tampak jelas kalau pengguna CV Maker terbilang banyak jumlahnya.
  4. Resume Genius. Sebuah website yang membantu membuat CV dalam waktu 15 menit. Resume Genius membagi-bagi format CV sesuai dengan kategori pekerjaan yang ingin didapat.
    • Terdapat 18 kategori pekerjaan yang dipakai sebagai penentu format CV. Pilih salah satu kategori yang sesuai dengan pekerjaan.
    • Resume Genius bakal menampilkan format CV yang sesuai dengan kategori yang dipilih.
Mudah, bukan? Dengan begitu, Tidak perlu capek-capek memikirkan format CV kayak gimana yang cocok dengan pekerjaan.
Bagaimana dengan aplikasi android? apakah ada aplikasi untuk pembuatan CV? tentunya ada! berikut 4 Aplikasi membuat CV yang wajib dicoba, berikut:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Cek Kuota Internet Telkomsel

Paket Internet Telkomsel saat ini sudah bukan lagi menjadi sebuah pelengkap tapi…