Ketika datang ke manajemen bisnis, keterampilan kepemimpinan yang lebih kuat sangat penting. Baik Anda mengelola departemen besar di perusahaan atau mengawasi beberapa karyawan di startup berbasis rumah, Anda harus tahu cara mengelola dan mendorong tim Anda secara efektif. Manajemen yang efektif didasarkan pada komunikasi terbuka dan memungkinkan Anda dan tim Anda untuk bekerja sama dengan baik.

Memotivasi karyawan

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Karyawan yang tidak merasa bahwa kontribusi mereka penting bagi perusahaan cenderung kurang motivasi dan mungkin tidak berlaku untuk pekerjaan mereka. Jaga agar karyawan Anda termotivasi untuk membantu mereka menikmati pekerjaan mereka dan tetap produktif. Ketika Anda lebih mengenal anggota tim Anda, Anda akan dapat memikirkan cara yang dipersonalisasi untuk memotivasi mereka.

Mengakui pekerjaan karyawan yang produktif pada rapat bulanan serba tangan. Menawarkan bonus tahunan untuk karyawan yang produktif. Memperjelas kepada karyawan mengapa pekerjaan mereka membantu perusahaan. Untuk mempersonalisasikan motivasi secara efektif, perhatikan cara masing-masing karyawan merespons strategi motivasi. Misalnya, karyawan dapat termotivasi terutama dengan merasa bahwa pekerjaan mereka penting, sementara yang lain mungkin bekerja paling baik ketika diberikan pujian publik di depan rekan kerja.
Memotivasi karyawan menggunakan jenis motivasi yang mereka respons terbaik. Hindari menggunakan jenis motivasi yang tidak sama di antara karyawan Anda. Misalnya, membagi-bagikan bonus keuangan kepada beberapa karyawan tertentu dapat membuat anggota tim lainnya percaya bahwa Anda bermain favorit.

Berikan penghargaan kepada karyawan atas kerja keras mereka.

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Ketika seorang anggota tim melakukan beberapa pekerjaan teladan yang Anda rasa layak untuk dikenali, Anda dapat memberi mereka piala kecil penghargaan uang. Anggota tim Anda akan bekerja keras untuk persetujuan Anda jika Anda dermawan dengan hadiah.

Pujian dan pengakuan verbal juga merupakan cara terbaik untuk menghargai karyawan yang produktif. Anda dapat memberikan pujian verbal baik secara pribadi atau di depan seluruh tim. Karyawan yang pemalu atau mudah malu mungkin lebih suka pengakuan pribadi, sementara karyawan ekstrovert yang menginginkan persetujuan orang lain akan merasa lebih dihargai jika upaya mereka diakui dalam lingkungan publik. Jika Anda bersikap acuh tak acuh terhadap kerja keras karyawan Anda, tim Anda akan melihat Anda sebagai pemimpin yang tidak efektif.

Pertahankan sikap positif ketika Anda berinteraksi dengan anggota tim.

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Sikap seorang manajer dapat membuat perbedaan besar. Menjadi positif, tersenyum, dan sesekali membuat obrolan ringan dapat meningkatkan energi positif di sekitar tempat kerja dan dapat mendorong karyawan untuk menjadi lebih terlibat dalam pekerjaan mereka.

Membantu menunjukkan kepada staf Anda bahwa Anda dapat didekati dan bahwa Anda semua adalah bagian dari satu tim. Ketika karyawan merasa bahwa manajer mereka peduli tentang bagaimana hari mereka berjalan atau jika mereka merasa lebih baik setelah sakit, mereka merasa dihargai dan dihargai, yang mengarah pada produktivitas yang lebih besar dan sikap positif.

Bekerja keras untuk menunjukkan kepada karyawan bahwa Anda berinvestasi di perusahaan.

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Manajer yang efektif memimpin dengan memberi contoh. Untuk memberikan contoh yang baik, Anda harus menjadi salah satu orang pertama yang tiba di tempat kerja di pagi hari. Usahakan sebagian besar interaksi interpersonal Anda dengan karyawan tetap fokus pada pekerjaan.

Tunjukkan bahwa Anda peduli pada perusahaan, dan terapkan diri Anda untuk bekerja. Jika tim Anda melihat bahwa Anda adalah pekerja keras yang berdedikasi, mereka akan menghormati Anda sebagai seorang pemimpin. Terlebih lagi, tim Anda juga akan termotivasi untuk bekerja keras dan mengikuti jejak Anda. Jangan, misalnya, melakukan panggilan telepon pribadi saat Anda sedang bekerja atau menjelajah Internet secara terbuka di komputer kantor Anda.

Pimpin tim Anda dengan keterbukaan dan mudah didekati

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Sebagian besar anggota tim akan dapat melihat melalui presentasi pribadi Anda jika Anda dianggap sebagai orang yang otoriter dan hampir sempurna. Jadilah nyata dan mudah didekati. Rayakan keberhasilan dan ratapan kegagalan bersama dengan anggota tim Anda, daripada tutup mulut di kantor Anda hampir sepanjang waktu.

Memiliki manajer yang mudah didekati akan membuat karyawan merasa bahwa mereka dapat mempercayai Anda. Misalnya, tidak apa-apa untuk mengakui kesalahan yang Anda buat, atau menunjukkan sedikit kelelahan di kantor.

Dorong persahabatan antara anggota tim

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Hubungan profesional yang erat di antara anggota tim akan membuat karyawan merasa nyaman dan harus meningkatkan produktivitas mereka.  Tim yang bekerja erat biasanya lebih bersedia untuk membantu satu sama lain menyelesaikan tugas dan memikirkan cara-cara baru dan inovatif untuk membantu perusahaan berhasil.

Cobalah membangun persahabatan dengan Mengundang karyawan ke happy hour sepulang kerja seminggu sekali, Mengadakan rapat mingguan untuk komunikasi tatap muka, Memuji anggota tim atas pekerjaan yang mereka lakukan dengan baik dan mendorong karyawan lain untuk melakukan hal yang sama.

Mendelegasikan tanggung jawab kepada anggota tim yang layak dan mampu

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Sebagai seorang manajer, Anda harus menetapkan tugas kepada karyawan Anda. Lakukan ini dengan penuh pertimbangan. Pertimbangkan sifat tugas yang Anda tugaskan dan pikirkan tentang kekuatan anggota tim Anda. Tetapkan tugas untuk anggota tim yang akan menikmati pekerjaan dan akan dapat menyelesaikannya dengan sukses.

Misalnya, jika seorang anggota tim unggul dalam pekerjaan administrasi, beri mereka tugas seperti mengatur pertemuan dengan klien Anda. Setelah Anda mendelegasikan tugas, hindari mengelola mikro karyawan tempat Anda ditugaskan bekerja.
Biarkan anggota tim Anda melakukan pekerjaan yang Anda berikan kepada mereka. Namun, jika seorang karyawan mengerjakan proyek besar (atau jika Anda berurusan dengan karyawan baru), masuk akal untuk meminta laporan kemajuan bulanan.

Tunjukkan keterampilan pengambilan keputusan yang kuat

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Menjadi penentu adalah kualitas yang diperlukan untuk setiap pemimpin tim yang efektif. Menjadi tegas akan menginspirasi perilaku tempat kerja serupa di anggota tim Anda. Membuat keputusan yang efektif adalah cara yang bagus untuk menginspirasi dengan contoh. Misalnya, jangan wafel saat mendelegasikan tugas kepada karyawan Anda. Buat keputusan dan patuhi itu.

Jika Anda sering ragu-ragu atau berubah pikiran setelah membuat pilihan, tim Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak dapat memimpin secara efektif karena Anda kesulitan membuat keputusan. Namun, Anda juga harus dapat mengenali jika suatu keputusan tidak berfungsi. Sementara manajer tim yang efektif mampu membuat keputusan yang tegas, mereka juga harus dapat mengakui kapan dan jika mereka membuat pilihan yang tidak praktis.
Jika Anda telah melembagakan kebijakan baru atau mengejar peluang bisnis yang tidak berhasil, Anda mungkin perlu merevisi keputusan awal Anda. Bagian dari menjadi pemimpin yang efektif dan tegas adalah mengetahui kapan harus meminta pendapat anggota tim. Tidak apa-apa jika Anda ingin mendapatkan konsensus dari tim Anda sebelum membuat keputusan penting.

Atasi masalah disiplin ketika muncul

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Pemimpin yang efektif mampu mendisiplinkan anggota tim mereka ketika seorang anggota tim telah melanggar aturan di tempat kerja atau memiliki perselisihan serius dengan karyawan lain. Untuk menjadi pemimpin yang efektif, jangan menunda tindakan disiplin. Meskipun tugasnya mungkin tidak menyenangkan, Anda akan merasa tidak mampu menangani konflik jika Anda menolak untuk menangani situasi dengan cepat.

Misalnya, bertemu dengan karyawan dan menengahi mereka jika ada perselisihan kantor yang sedang berlangsung.Jika ini tidak menyelesaikan masalah, Anda dapat menugaskan kembali salah satu anggota tim yang bermasalah ke kantor atau departemen lain. Dalam kasus pelanggaran yang lebih serius misalnya, aktivitas kriminal di tempat kerja atau pelecehan seksual Anda mungkin perlu memecat karyawan.

Berkomunikasi secara terbuka dan sering dengan staf Anda

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Sebagai seorang manajer, Anda perlu berbagi informasi baru yang berkaitan dengan pekerjaan karyawan dan menyambut pertanyaan dan komentar mereka. Komunikasi membantu karyawan merasa seperti mereka adalah bagian berharga dari perusahaan, dan menunjukkan kepada karyawan bahwa kontribusi mereka penting.

Komunikasi yang efektif dapat terjadi melalui email atau memo antar kantor, selama rapat, atau selama percakapan tatap muka. Cobalah memiliki kebijakan pintu terbuka yang memungkinkan karyawan masuk dan berbicara dengan Anda tentang masalah.
Menjaga jalur komunikasi tetap terbuka akan menumbuhkan semangat kerja. Juga beri tahu karyawan tentang berita perusahaan apa pun termasuk karyawan baru, merger yang akan datang, dan ekspansi bisnis.

Mintalah dan dengarkan umpan balik karyawan Anda.

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Keterampilan mendengarkan adalah aspek penting dari komunikasi kantor. Penting untuk siap mendengarkan karyawan Anda, apakah mereka menawarkan saran pekerjaan atau menyampaikan keluhan.

Karyawan jangka panjang mungkin memiliki saran yang dapat meningkatkan proses alur kerja. Karyawan yang lebih baru mungkin perlu klarifikasi mengenai kebijakan kantor. Dengarkan dengan cermat setiap masukan yang ditawarkan anggota tim Anda, sehingga Anda dapat merespons dengan jelas dan efektif. Ini tidak berarti bahwa Anda harus selalu setuju dengan masukan anggota tim, tetapi setidaknya menyatakan penghargaan atas masukan tersebut.
Misalnya, jika seorang anggota tim memberi tahu Anda, Saya pikir kami dapat meningkatkan cara kami menangani masalah penjualan klien baru. Mereka mungkin mendapat manfaat dari lebih fokus pada iklan media sosial, menanggapi dengan, Itu ide yang bagus, terima kasih untuk berbagi. Saya pikir kita harus menjalankannya oleh departemen pemasaran. Bisakah Anda mengatur pertemuan untuk minggu depan?

Dorong anggota tim Anda untuk bertukar pikiran tentang ide dan solusi baru.

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Bertukar Pikiran adalah bagian penting dari lingkungan kantor yang erat. Sesi dapat menghasilkan gagasan baru yang meningkatkan alur kerja dan kebijakan kantor. Bertukar Pikiran juga dapat mendekatkan anggota tim dan memperkuat hubungan profesional.

Cobalah untuk mengumpulkan gagasan selama pertemuan bulanan, atau mengirim email atau memo yang meminta anggota tim untuk bertukar pikiran tentang topik tertentu. Memuji anggota tim atas kontribusi bermanfaat mereka akan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam sesi curah pendapat di masa depan.

Kenali orang-orang di semua tingkatan organisasi.

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Sebagai seorang manajer, mungkin Anda tergoda untuk membiasakan diri dengan manajer lain dan bawahan langsung Anda. Namun, Anda dapat mengelola lebih efektif jika Anda memiliki hubungan profesional yang bekerja dengan berbagai anggota tim dan karyawan lainnya. Menunjukkan bahwa Anda berinvestasi pada semua karyawan perusahaan Anda juga akan meningkatkan kredibilitas Anda di mata karyawan Anda.

Misalnya, menawarkan untuk mengajak magang di perguruan tinggi atau karyawan baru untuk makan siang. Atau, memulai percakapan makan siang dengan manajer senior dari departemen yang berbeda. Jika Anda memiliki rumah besar, cobalah mengundang 6-10 rekan kerja atau sesekali teman untuk makan malam. Variasikan anggota tim yang Anda undang, sehingga semua orang diundang dengan frekuensi yang sama.

Selesaikan perselisihan di tempat kerja dengan cepat dan adil.

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Dalam pengaturan tempat kerja apa pun, tak terhindarkan bahwa beberapa perselisihan dan perselisihan kecil akan muncul. Sebagai manajer, Anda bertanggung jawab untuk menyelesaikan perselisihan ini, menggunakan komunikasi kapan pun memungkinkan.

Jika 2 karyawan memiliki perselisihan, misalnya, Anda dapat bertemu dengan masing-masing secara individual dan mencari tahu apa yang mengecewakan mereka. Kemudian, bertemu dengan karyawan bersama dan bersikeras bahwa mereka memiliki cara untuk menyelesaikan masalah.
Jika seorang karyawan terus menyebabkan masalah di sekitar kantor, terutama jika mereka membuat lingkungan tidak nyaman bagi pekerja lain, bicarakan dengan HR atau manajemen yang lebih tinggi tentang menangguhkan atau mendisiplinkan karyawan.

Cobalah untuk tidak memperlakukan karyawan seolah-olah mereka adalah teman Anda.

Cara Mengelola Karyawan Secara Efektif

Meskipun Anda harus berusaha keras untuk menjadikan tempat kerja menyenangkan, ingatlah bahwa karyawan Anda harus memperlakukan Anda dengan rasa hormat yang layak Anda dapatkan sebagai manajer. Manajer yang tidak aman atau haus kekuasaan sering memimpin dengan tangan besi.

Pendekatan tangan besi mungkin menyelesaikan pekerjaan, tetapi itu tidak akan menciptakan antusiasme dan inspirasi di antara staf Anda. Menjadi manajer yang dingin dan berwibawa juga dapat mengisi atmosfer di tempat kerja dengan ketegangan dan kebencian yang tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Pentingnya Koneksi Broadband Yang Dapat Diandalkan Untuk Bisnis

Koneksi internet adalah sumber daya penting dalam dunia bisnis. Inilah sebabnya mengapa…

Memilih Jasa Penulis Artikel Terpercaya

Memilih jasa penulis artikel terpercaya. Saat ini segala hal apapun bisa ditemukan…

Jenis Homestay Malang

Jenis Homestay Malang – Siapa yang tak tahu kota Malang? Tak ada…

Cara Memasang Kartu SIM di HP Jadul

Kartu Subscriber Identification Module, atau yang sering disingkat sebagai kartu SIM bertanggung…