Website Informasi

Setiap pemilik ponsel perlu memeriksa IMEI ponsel untuk mematuhi peraturan pemerintah tentang menindak ponsel ilegal. Cara mengecek status IMEI ponsel yang terdaftar sangat sederhana melalui website informasi resmi.

Anda bisa mengecek IMEI secara online di website yang disediakan oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi. IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identifikasi internasional 15 digit.

Website Informasi

Regulasi IMEI dibuat oleh pemerintah untuk mencegah perangkat telekomunikasi ilegal beredar di Indonesia. Dengan berlakunya aturan tersebut, setiap perangkat yang diatur, seperti telepon seluler (ponsel), komputer dan tablet.

Harus memiliki nomor IMEI yang terdaftar di Kementerian Perdagangan, pusat data Kementerian Perindustrian dan diverifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jika tidak, perangkat tidak dapat digunakan tanpa informasi teknologi.

Mengapa Perlu Untu k Memeriksa IMEI Di Website Informasi?

Pemerintah memiliki sistem SIBINA di bawah Kementerian Perindustrian untuk mengetahui apakah nomor IMEI ponsel yang beredar sudah terdaftar atau belum di Indonesia. Peraturan tersebut maksudkan untuk memerangi ponsel ilegal.

Dimana semakin banyak yang menjual ponsel ilegal di pasar gelap, yang dijual dengan harga lebih murah karena tidak kenakan pajak. Kementerian Perindustrian sebagai pengambil keputusan telah menerbitkan situs khusus. Anda juga bisa membaca pilihan jenis hp android terbaik.

Cara Mengetahui Kode IMEI Dengan Praktis

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencoba memeriksa status IMEI ponsel Anda adalah memeriksa IMEI melalui website informasi di perangkat Anda. Ada beberapa cara untuk menemukan kode IMEI perangkat Anda. Baca juga tentang jasa pembuatan ppt yang terbaik.

Periksa Karton

Periksa karton dari tempat ponsel dan cari stiker IMEI untuk menemukan kode IMEI 15 digit. Kemudian cek pada setiap sudutnya dengan baik.

Verifikasi Informasi Teknologi Nomor IMEI Di Ponsel

Pengguna iPhone dapat menemukan nomor IMEI perangkat dengan masuk ke menu. Pilih Pengaturan > Umum > Tentang > Jelajahi halaman hingga Anda menemukan informasi nomor IMEI.

Sementara itu, pengguna ponsel Android dapat mencari nomor IMEI perangkat melalui menu Settings > About phone > Status > IMEI code. Sehingga akan lebih mudah ditemukan untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

Tekan Nomor *#06#

Khusus untuk pengguna ponsel dengan informasi teknologi, ketik kode verifikasi IMEI *#06#. Kemudian rangkaian nomor IMEI 15 digit akan muncul di layar ponsel.

Cara Cek Status IMEI HP

Setelah mengantongi nomor dengan cara di atas, kamu bisa cek status IMEI secara online dengan mengunjungi https://imei.kemenperin.go.id/. Berikut langkah-langkahnya yang perlu di ketahui dengan baik.

  • Masuk ke https://imei.kemenperin.go.id/
  • Masukkan nomor IMEI, lalu autentikasi dengan mengklik tombol cari dari database resmi Kemenperin.

Jika nomor IMEI Anda terdaftar, akan muncul pesan yang menyatakan bahwa IMEI telah terdaftar di database Kementerian Perindustrian. Sebaliknya jika tidak terdaftar, maka akan terlihat IMEI tidak terdaftar di database Kementerian Perindustrian.

Sekian ulasan mengenai cara cek status IMEI hp terdaftar atau tidak melalui website informasi resmi yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaaf sebagai referensi dan tambahan informasi yang menarik.

You May Also Like

Cara Mudah Hack Wifi Orang Tanpa Harus Menggunakan Situs Hack Wifi Online

Cara Mudah Hack Wifi Orang Tanpa Harus Menggunakan Situs Hack Wifi Online.…

Simak Beberapa Bagian Terbaik Dari Jasa Penulis Artikel Lepas!

Menulis konten baru tentunya menjadi hal yang sangat mudah bagi Anda yang…

Nih Untuk Anda Jasa Pembuatan PPT Profesional dari Master Cahaya

Ketika ingin melakukan presentasi dan membutuhkan Power Point, namun Anda tidak memiliki…

Pentingnya Koneksi Broadband Yang Dapat Diandalkan Untuk Bisnis

Koneksi internet adalah sumber daya penting dalam dunia bisnis. Inilah sebabnya mengapa…