Kali ini saya akan membagikan cara agar akun Gmail Anda tetap teratur. Saya juga membagikan semua yang dapat membantu menyederhanakan manajemen email. Dan kali ini, saya punya trik untuk menandai email penting di gmail (filter spam).

Cara Mengelompokkan Email Pada Folder Tertentu

Baru-baru ini, saya mengalami kesulitan dalam memanajemen ratusan email masuk baru setiap hari. Dan kebanyakan email itu tidak penting sama sekali, dan pada akhirnya mereka membuat saya melewatkan beberapa email penting.

Untuk mengatasi masalah ini, saya cukup membuat beberapa label (alias folder) di Gmail dan membuat email yang kurang penting ke masuk otomatis ke folder di gmail tersebut.

Sekarang saya memiliki kotak masuk yang bersih dengan hanya pesan-pesan penting, dan saya dapat memeriksa yang kurang penting dengan hanya mengunjungi label-label itu.

Mari kita lihat bagaimana Anda juga dapat mengirim email tertentu ke folder di Gmail dan mengatur kotak masuk.

Cara Membuat Label di Gmail

Untuk memulai, pertama-tama Anda harus membuat label di Gmail tempat email tertentu akan dikirim. Berikut cara membuat label baru:

Berikut cara membuat label emial di gmail:

  1. Klik tombol ‘More’ di panel kiri Gmail dan kemudian klik ‘Create new label’.
  2. Sekarang masukkan nama label di kotak teks pertama dan klik ‘Create’. Pastikan Anda memasukkan nama yang relevan yang cocok dengan jenis email yang akan pergi ke sana.
  3. Label akan dibuat dan terdaftar di panel kiri di bawah Kategori.
  4. Anda dapat mengulangi proses ini untuk membuat label yang Anda butuhkan.

Filter Email ke Folder di Gmail

Setelah folder siap, saatnya membuat filter untuk secara otomatis mengirim email ke folder itu. Sebelum membuat filter, Anda harus terlebih dahulu mengatur kriteria filter menggunakan opsi pencarian Gmail.

Meskipun Anda dapat menggunakan fitur pencarian Gmail untuk membuat kriteria, tetapi menggunakan formulir opsi pencarian lanjutan jauh lebih mudah.

Untuk mengaksesnya, klik ikon panah terbalik di akhir bilah pencarian Gmail. Beberapa bidang yang dapat diedit akan terbuka di mana Anda dapat mengatur kriteria pencarian.

Anda perlu mengisi formulir ini sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi untuk mempermudah, saya menjelaskan informasi apa yang dibutuhkan setiap bidang.

From: Di ​​sini Anda dapat memasukkan alamat email dari satu atau lebih orang yang ingin Anda filter emailnya. Jika Anda tidak ingin memfilter email dari orang tertentu, biarkan bidang ini kosong.

To: Bidang ini hanya berguna untuk pesan masuk jika Anda telah menggabungkan beberapa akun email dan ingin memfilter email mereka secara terpisah. Jika bukan itu masalahnya, biarkan kosong.

Subject: Di sini Anda dapat menambahkan kata kunci yang dapat muncul di bidang subjek email yang ingin Anda kirim ke folder. Untuk menambahkan beberapa kata kunci, Anda harus memisahkannya menggunakan bilah vertikal (|). Misalnya, ‘Free|review|checkout’.

Has the words: Anda dapat mendaftar kata kunci di sini yang dapat muncul di mana saja di dalam email yang ingin Anda filter. Sekali lagi, Anda harus menggunakan bilah vertikal (|) untuk memisahkan beberapa kata kunci.

Doesn’t have: Anda dapat menggunakan bidang ini untuk menambahkan kata-kata yang tidak boleh difilter bahkan jika bidang di atas cocok dengan kriteria. Anda khususnya ingin menggunakan bidang ini untuk melindungi email penting agar tidak difilter.

Sekarang Anda tahu apa yang dibutuhkan setiap bidang, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dalam menyiapkan kriteria filter.

Ingatlah bahwa Anda tidak harus mengisi semua bidang, cukup isi yang cukup untuk memfilter email yang diperlukan. Setelah mengisi formulir pencarian, klik tombol ‘Create filter with this search’ di sudut kanan bawah.

Di sini centang kotak centang di sebelah ‘Skip the Inbox’ dan ‘Apply the label’ pilihan, dan kemudian pilih label dari menu drop-down di sebelahnya.

Setelah itu, centang kotak di samping ‘Also apply filter to matching conversations’, dan kemudian, klik tombol ‘Create filter’ untuk membuat filter.

Sekarang semua email Anda yang ada dan email baru yang cocok dengan kriteria filter akan secara otomatis pergi ke folder (label) yang Anda tetapkan.

Mengelola Email di Gmail

Selain membantu mengatur kotak masuk, saya juga menemukan trik ini berguna untuk menyimpan konten yang menarik di Gmail dan secara otomatis mengaturnya di bawah label.

Misalnya, Anda dapat membuat label untuk artikel yang menarik dan kapan pun Anda menemukan artikel yang menarik untuk dibaca nanti, cukup kirimkan email kepada Anda sendiri dengan filter yang cocok dan itu akan disimpan dalam label.

Beri tahu kami di komentar jika Anda tahu cara menarik lainnya untuk mengatur email di Gmail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

5 Add-on Gmail Terbaik Paling Berguna #WajibDimiliki

Google memperkenalkan add-on Gmail pada akhir 2017 untuk meningkatkan pengalaman penggunaan email.…

[Berhasil] Cara Memblokir atau Membuka Blokir Seseorang di Gmail

Apakah ada seseorang yang mengganggu di Gmail? Nah, jika ini buletin spam…

2 Cara Mengirim File Exe Lewat Email

Gmail secara otomatis memblokir beberapa jenis file yang dapat mengirimkan virus, termasuk…

Cara Menambahkan atau Menghapus Kontak di Gmail Baru

Mirip dengan YouTube, Google Maps, dan layanan Google lainnya, Gmail juga menerima…